Tujuan pendidikan adalah mempersiapkan generasi muda, Untuk mendidik diri mereka sendiri seumur hidup mereka.

Selasa, 08 Mei 2012

Kunjungan Wali Kota Jakarta Timur


Walikota Jakarta Timur Drs. H. Murdhani, MH, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah Dasar (SD), di SDN Jatinegara 10 Pagi, Jl. Swadaya PLN, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Selasa (8/5). Walikota mengatakan, kunjungannya ini untuk memastikan pelaksanaan UN di wilayah Jakarta Timur berjalan dengan aman dan lancar.

Kunjungan sendiri dilakukan pada pukul 07.30 WIB atau sebelum dilaksanakannya UN yang dimulai serentak pada pukul 08.00 WIB. Ikut mendampingi Walikota pada kunjungannya ini, Camat Cakung Lukman Hakim, Kasudin Kominfomas Jakarta Timur Yunus Azizy, Lurah Jatinegara Ali Wahyudin dan Kepala Sekolah SDN Jatinegara 10 Pagi Nurhayati.

Walikota disela-sela kunjungannya berharap, para siswa dapat menjawab soal-soal UN dengan baik. “Saya melihat anak-anak telah siap mengikuti UN, tentunya sangat diharapkan hasilnya juga bagus,” ujarnya.

Dirinya juga mengharapkan, para siswa dapat bersaing secara sehat dengan siswa-siswa dari sekolah lainnya. Dengan nilai UN yang tinggi, diharapkan mereka dapat lebih mudah masuk atau diterima di SMP yang dipilih.

“Saya optimis dengan persiapan yang telah dilakukan sebelumnya, para siswa dapat mengisi soal-soal UN dengan baik, sehingga dapat lebih mudah untuk diterima ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Terkait masalah kebocoran soal UN, Walikota menegaskan, pihaknya sudah mengantisipasi sejak dini. Pengamanan mulai dari percetakan hingga pendistribusian ke sekolah-sekolah telah dilakukan secara berlapis, berkerja sama dengan seluruh unsur terkait.

“Untuk mengantisipasi kebocoran soal, jauh-jauh hari sudah saya tanamkan kepada para guru agar mengajarkan sejak dini kepada para muridnya, pentingnya berperilaku jujur. “Pendidikan tidak sekedar pintar, tapi harus belajar jujur pada diri sendiri,” pesannya.

Sementara itu menurut Nurhayati, Kepala SDN Jantinegara 10 Pagi, di sekolahnya terdapat 70 siswa yang mengikuti UN. Mereka terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 34 siswa perempuan.

“Sebelum pelaksanaan UN kami telah mempersiapkan para siswa agar dapat mengerjakan soal dengan baik. Diharapkan hasil UN tahun ini hasilnya pun baik dan para siswa dapat lulus semua serta melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan pilahn mereka,” katanya.

Untuk wlayah Jakarta Timur sendiri, pada UN tingkat SD untuk tahun 2012 ini diikuti sebanyak 43.178 siswa. Pada pelaksanaan hari pertama kemarin, tercatat ada 63 siswa yang tidak mengikuti UN, yaitu 47 siswa karena sakit, 14 siswa karena mengundurkan diri dan 2 siswa tanpa alasan.
(dikutip dari)